🔴 Mohon dalil bagi hukum asal ibadah adalah haram.
✅
الأصل في العبادات التحريم
Terjemahan:
“Hukum asal ibadah adalah haram (sampai adanya dalil)"
Dalil hadith:
Dari 'Aisyah رضي الله عنها,
مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
Terjemahan:
“Barang siapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak”
[Bukhari no. 20 dan Muslim no. 1718]
Fatwa Imam Syafi'iy رحمه الله:
اَلْأَصْلَ فِي اَلْعِبَادَةِ اَلتَّوَقُّف
Terjemahan:
“Hukum asal ibadah adalah tawaqquf"
[Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 5: 43]
Penjelasan Imam Ibnu Taimiyyah رحمه الله:
إنَّ الْأَصْلَ فِي الْعِبَادَاتِ التَّوْقِيفُ فَلَا يُشْرَعُ مِنْهَا إلَّا مَا شَرَعَهُ اللَّهُ تَعَالَى . وَإِلَّا دَخَلْنَا فِي مَعْنَى قَوْلِهِ : { أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ } . وَالْعَادَاتُ الْأَصْلُ فِيهَا الْعَفْوُ فَلَا يَحْظُرُ مِنْهَا إلَّا مَا حَرَّمَهُ وَإِلَّا دَخَلْنَا فِي مَعْنَى قَوْلِهِ : { قُلْ أَرَأَيْتُمْ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ لَكُمْ مِنْ رِزْقٍ فَجَعَلْتُمْ مِنْهُ حَرَامًا وَحَلَالًا } وَلِهَذَا ذَمَّ اللَّهُ الْمُشْرِكِينَ الَّذِينَ شَرَعُوا مِنْ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ وَحَرَّمُوا مَا لَمْ يُحَرِّمْهُ
“Hukum asal ibadah adalah tawqifiyah (dilaksanakan jika ada dalil). Ibadah tidaklah diperintahkan sampai ada perintah dari Allah ﷻ. Jika tidak, maka termasuk dalam firman Allah ﷻ,
“Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?”
[Asy-Syura: 21]
“Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku tentang rezki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebahagiannya haram dan sebahagiannya halal”
[Yunus: 59]
Oleh kerana itu Allah ﷻ mencela orang-orang musyrik yang membuat syariat yang tidak diizinkan Allah ﷻ dan mengharamkan yang tidak diharamkan"
[Majmu' Al-Fatawa 29: 17]
🔴 Apakah dalil bagi hukum asal urusan muamalah pula?
✅
Prinsip urusan muamalah.
اَلأَصْلُ فِى اْلأَشْيَاءِ اْلإِ بَا حَة حَتَّى يَدُ لَّ اْلدَّلِيْلُ عَلَى التَّحْرِيْمِ
Terjemahan:
"Hukum asal dari sesuatu (muamalah) adalah mubah atau harus sampai ada dalil yang melarangnya (memakruhkannya atau mengharamkannya)"
[Imam As-Suyuthi, dalam Al-Asyba' Wan Nadzoir: 43)
Firman Allah ﷻ,
"Dia-lah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu"
[Al-Baqarah: 29]
"dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya (sebagai rahmat)"
[Al-Jatsiyah: 13]
Syarah dua usyul:
Prinsip dalam “beribadah” lebih menekankan pada larangan sampai ada “perintah”, prinsip dalam “muamalah atau adat” lebih menekankan pada pembolehan sampai ada “larangan” sehingga ada dalil (yang membolehkan atau yang melarang).
Maka, status hukumnya berubah.
Nota kaki
Tawaqquf = Diam atau tunggu sehingga datang dalil.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan